Skip to main content

Cegah Stunting, Campaign.com Gelar Penyuluhan Hingga Cek Kesehatan Gratis untuk Warga Kebayoran Baru

 


Jakarta, 24 Maret 2023 - Salah satu masalah kesehatan yang tergolong tinggi di Indonesia adalah masalah stunting. Stunting merupakan kondisi di mana seorang anak gagal tumbuh dalam perkembangannya. Menurut data dari World Health Organization (WHO), kasus stunting global telah meningkat sebesar 21,3% sepanjang tahun 2020. Saat ini, lebih dari dua juta anak menderita gizi buruk dan lebih dari tujuh juta anak di bawah usia 5 tahun mengalami stunting. Data ini menunjukkan bahwa penanganan kondisi stunting perlu lebih digencarkan di masyarakat.

Sebagai bentuk penurunan angka stunting di Indonesia, Campaign.com melakukan rangkaian kampanye #PahlawanMasaDepan, mulai dari mengadakan kompetisi memasak di Instagram, menyelenggarakan kampanye sosial di aplikasi Campaign #ForChange, hingga penyuluhan pencegahan stunting di RSUD Kebayoran Baru pada Selasa (21/03) lalu. Sebanyak 50 warga mendapat penyuluhan seputar stunting, serta pentingnya pemenuhan gizi ibu dan anak. Saat ini, banyak anggapan yang salah bahwa pencegahan stunting baru dilakukan ketika bayi sudah lahir. Padahal, pencegahan yang efektif adalah dengan menyeimbangkan asupan gizi pada perempuan sejak usia remaja. Pasalnya, sejumlah penyakit yang kerap diderita di usia muda, seperti anemia, dapat menyebabkan kurangnya cadangan nutrisi untuk janin yang kelak dikandung.


Direktur RSUD Kebayoran Baru, Dewi Isnawati, mengungkapkan tingginya antusias masyarakat pada kegiatan ini, bahkan yang datang melebihi kapasitas undangan. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi orang banyak dan sejalan dengan upaya kami di RSUD Kebayoran Baru dalam mencegah stunting, yaitu berkolaborasi dengan banyak pihak, seperti yang dijalankan bersama Campaign.com saat ini. Kami berharap dapat bekerja sama lagi di waktu mendatang demi meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ujarnya.

Tak hanya penyuluhan, acara ini juga dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan gratis (check up) bagi kesehatan gizi, pengukuran tinggi, dan berat badan balita yang hadir. Selain itu, ada pembagian sembako gratis sebagai salah satu bentuk pemenuhan gizi untuk masyarakat.

Menurut Program Officer Campaign.com, Intan Siagian, kegiatan ini adalah bentuk dukungan dan komitmen Campaign.com dalam isu stunting yang sedang terjadi di Indonesia. “Kami berharap, kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan atensi dan kesadaran masyarakat, terutama anak muda dan ibu muda, terhadap isu stunting yang ada di tengah kehidupan masyarakat Indonesia,” tambahnya.



Guna mendukung upaya pencegahan stunting, Campaign.com mengajak masyarakat untuk menyelesaikan kampanye #KelorBantuCegahStunting di aplikasi Campaign #ForChange. Dengan menyelesaikan tiga aksi kampanye sederhana, pengguna aplikasi secara otomatis membuka donasi sebesar Rp25.000. Donasi ini digunakan untuk membantu komunitas  Satu Ibu Satu Pohon untuk bisa menyediakan pohon kelor yang akan diberikan kepada ibu hamil, ibu menyusui, dan balita sebagai asupan pencegah stunting.



Aplikasi Campaign #ForChange adalah wadah untuk membuat dan mendukung kampanye sosial, serta membuka donasi tanpa mengeluarkan uang. Pengguna dapat mengunggah aplikasi ini pada layanan Google Play Store atau App Store di gadget masing-masing.

Diluncurkan sejak 2018, aplikasi ini memperoleh gelar Best App for Good dari Google Play Indonesia berkat komitmen dan inovasinya terhadap dampak sosial. Terdapat empat fokus isu yang didukung oleh Aplikasi Campaign #ForChange, yakni pendidikan, kesehatan, kesetaraan, dan lingkungan.


Tentang Campaign.com

Campaign.com adalah platform karya anak bangsa yang menghubungkan individu, komunitas, dan sponsor yang peduli tentang isu sosial. Campaign.com percaya bahwa setiap orang memiliki peran dan tanggung jawab untuk menjadikan dunia ini lebih baik. Hingga Februari 2023, sebanyak lebih dari 614.000 aksi telah diambil oleh anak muda Indonesia. Selain itu, terdapat 541 organisasi/komunitas sosial yang secara aktif membuat kampanye sosial di aplikasi Campaign #ForChange. Campaign.com juga telah menyalurkan lebih dari 2,01 miliar rupiah donasi untuk para organisasi/komunitas sosial dari berbagai sponsor. Informasi lebih lanjut mengenai Campaign.com dapat diakses melalui aplikasi Campaign #ForChange atau website www.campaign.com


Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Gita Hermanda

Senior Public Relations Campaign.com

Phone: +62 878 7773 2948

Email: gitahermanda@campaign.com


Comments

Popular posts from this blog

Good Damage: Justifying the Trauma, Does it All Happen for a Reason?

  by: Rebecca Karenia “All the damage I got isn't good damage.. it's just.. damage. I haven't got nothing out of it and all those years I was miserable was for nothing.” The quote you see above was taken from Diane's monologue from the show Bojack Horseman. The character Diane Nguyen, a 40 year old aspiring writer, was contemplating whether she should continue writing her first book or stop altogether since it does not serve any purpose to all the hardships and trauma she went through. Sounds familiar? Let's dive deep into it! Oftentimes you may find yourself thinking that the trauma you’ve gone through in the past, happens to you for a reason. It must’ve happened with a purpose, right? And so in order to serve this purpose, you forge strength and resilience to become someone different- someone who learned from their mistakes. Someone who knows better about the truth and harshness of the real world. You define your own suffering and give it a whole new meaning so th

Finding the Freedom in Feeling Left Behind

by: Ilma Rosyidah Everyone has their own timeline. But the feeling of being left behind becomes uncontrollable when everyone else seems to be reaching another stage in life while you still don’t know what to do. Feeling left behind in some ways can lead you to lose your freedom.    The days go by so fast before you might even notice your New Year’s resolutions still showing no progress. At the same time, the idea of breaking the distance through technology makes you easily exposed to everybody’s life, even the ones you don't really know. You see beautiful pictures and various achievements that other people have. Then when you look in the mirror, you start to second guess your worth. “Mirror mirror on the wall, I guess I am worse than everyone else because they are doing better in life ,” you might hear.  I think I was in yesterday 'Cause everybody walks too fast -My Time, by Jungkook BTS- Your friend is attending college while reality is holding you back to do the same. Your o

Aldila Anisa: Kakak Online yang Mengajakmu Berbicara Lebih Baik pada Diri Sendiri

  by: Ilma Rosyidah Apakah kamu percaya dengan kekuatan self-talk ? Ternyata caramu berbicara dengan diri sendiri memiliki dampak yang lebih besar dari yang kamu kira loh! Yuk, simak profil dari seorang content creator yang menaruh perhatian besar pada self-healing dan self-development .  Aldila Anisa, seseorang di balik akun @aldila.aap dengan 1,8 juta pengikut di Tiktok. Ia sering disebut sebagai kakak online karena kontennya yang selalu menenangkan dan mentransfer semangat kepada orang lain layaknya seorang kakak. Awal mula Aldila memutuskan untuk menjadi content creator adalah jatuh bangun yang ia hadapi di tahun 2020. Di tengah permasalahan pribadinya, Aldila sadar akan pentingnya support system yang saling menenangkan dan menyemangati. Dengan motivasi untuk menjadi garda depan bagi banyak orang, Aldila memberi dukungan untuk bangkit dari masalah melalui konten-kontennya di Tiktok.  Perjalanannya menjadi content creator harus ia lalui dengan proses diremehkan dan dianggap sep