Cegah Stunting, Campaign.com Gelar Penyuluhan Hingga Cek Kesehatan Gratis untuk Warga Kebayoran Baru
Jakarta, 24 Maret 2023 - Salah satu masalah kesehatan yang tergolong tinggi di Indonesia adalah masalah stunting. Stunting merupakan kondisi di mana seorang anak gagal tumbuh dalam perkembangannya. Menurut data dari World Health Organization (WHO), kasus stunting global telah meningkat sebesar 21,3% sepanjang tahun 2020. Saat ini, lebih dari dua juta anak menderita gizi buruk dan lebih dari tujuh juta anak di bawah usia 5 tahun mengalami stunting. Data ini menunjukkan bahwa penanganan kondisi stunting perlu lebih digencarkan di masyarakat.
Sebagai bentuk penurunan angka stunting di Indonesia, Campaign.com melakukan rangkaian kampanye #PahlawanMasaDepan, mulai dari mengadakan kompetisi memasak di Instagram, menyelenggarakan kampanye sosial di aplikasi Campaign #ForChange, hingga penyuluhan pencegahan stunting di RSUD Kebayoran Baru pada Selasa (21/03) lalu. Sebanyak 50 warga mendapat penyuluhan seputar stunting, serta pentingnya pemenuhan gizi ibu dan anak. Saat ini, banyak anggapan yang salah bahwa pencegahan stunting baru dilakukan ketika bayi sudah lahir. Padahal, pencegahan yang efektif adalah dengan menyeimbangkan asupan gizi pada perempuan sejak usia remaja. Pasalnya, sejumlah penyakit yang kerap diderita di usia muda, seperti anemia, dapat menyebabkan kurangnya cadangan nutrisi untuk janin yang kelak dikandung.
Direktur RSUD Kebayoran Baru, Dewi Isnawati, mengungkapkan tingginya antusias masyarakat pada kegiatan ini, bahkan yang datang melebihi kapasitas undangan. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi orang banyak dan sejalan dengan upaya kami di RSUD Kebayoran Baru dalam mencegah stunting, yaitu berkolaborasi dengan banyak pihak, seperti yang dijalankan bersama Campaign.com saat ini. Kami berharap dapat bekerja sama lagi di waktu mendatang demi meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ujarnya.
Tak hanya penyuluhan, acara ini juga dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan gratis (check up) bagi kesehatan gizi, pengukuran tinggi, dan berat badan balita yang hadir. Selain itu, ada pembagian sembako gratis sebagai salah satu bentuk pemenuhan gizi untuk masyarakat.
Menurut Program Officer Campaign.com, Intan Siagian, kegiatan ini adalah bentuk dukungan dan komitmen Campaign.com dalam isu stunting yang sedang terjadi di Indonesia. “Kami berharap, kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan atensi dan kesadaran masyarakat, terutama anak muda dan ibu muda, terhadap isu stunting yang ada di tengah kehidupan masyarakat Indonesia,” tambahnya.
Guna mendukung upaya pencegahan stunting, Campaign.com mengajak masyarakat untuk menyelesaikan kampanye #KelorBantuCegahStunting di aplikasi Campaign #ForChange. Dengan menyelesaikan tiga aksi kampanye sederhana, pengguna aplikasi secara otomatis membuka donasi sebesar Rp25.000. Donasi ini digunakan untuk membantu komunitas Satu Ibu Satu Pohon untuk bisa menyediakan pohon kelor yang akan diberikan kepada ibu hamil, ibu menyusui, dan balita sebagai asupan pencegah stunting.
Aplikasi Campaign #ForChange adalah wadah untuk membuat dan mendukung kampanye sosial, serta membuka donasi tanpa mengeluarkan uang. Pengguna dapat mengunggah aplikasi ini pada layanan Google Play Store atau App Store di gadget masing-masing.
Diluncurkan sejak 2018, aplikasi ini memperoleh gelar Best App for Good dari Google Play Indonesia berkat komitmen dan inovasinya terhadap dampak sosial. Terdapat empat fokus isu yang didukung oleh Aplikasi Campaign #ForChange, yakni pendidikan, kesehatan, kesetaraan, dan lingkungan.
Tentang Campaign.com
Campaign.com adalah platform karya anak bangsa yang menghubungkan individu, komunitas, dan sponsor yang peduli tentang isu sosial. Campaign.com percaya bahwa setiap orang memiliki peran dan tanggung jawab untuk menjadikan dunia ini lebih baik. Hingga Februari 2023, sebanyak lebih dari 614.000 aksi telah diambil oleh anak muda Indonesia. Selain itu, terdapat 541 organisasi/komunitas sosial yang secara aktif membuat kampanye sosial di aplikasi Campaign #ForChange. Campaign.com juga telah menyalurkan lebih dari 2,01 miliar rupiah donasi untuk para organisasi/komunitas sosial dari berbagai sponsor. Informasi lebih lanjut mengenai Campaign.com dapat diakses melalui aplikasi Campaign #ForChange atau website www.campaign.com
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Gita Hermanda
Senior Public Relations Campaign.com
Phone: +62 878 7773 2948
Email: gitahermanda@campaign.com
Comments
Post a Comment